Studi Kasus ERD 2


Sebuah toko penyewaan DVD sedang membutuhkan sebuah sistem informasi untuk mendukung kegiatan bisnisnya. Anda dipercayakan sebagai manajer proyek untuk menangani masalah ini. Adapun kegiatan bisnisnya adalah sebagai berikut:

Setiap anggota baru harus mendaftar terlebih dahulu pada customer service dengan cara menunjukkan identitas pribadi seperti ktp atau sim. Dalam hal ini adalah tugas dari customer service, selain melakukan input data anggota baru, customer service juga melakukan update ataupun menghapus data customer yang berhenti menjadi anggota.

Setiap anggota/customer dapat memilih dvd secara swalayan, yaitu memilih sendiri judul yang diinginkan secara langsung dan dimasukkan dalam keranjang peminjaman, setelah selesai customer membawa dvd yang dipinjam kepada bagian peminjaman, selanjutnya bagian peminjaman akan memeriksa keanggotaan customer tersebut, lalu melakukan entry data dvd yang dipinjam kedalam sistem dan mencetak lembaran peminjaman.

Customer membayar uang sewa dvd pada bagian kasir dengan menunjukkan lembaran peminjaman. Setelah pembayaran, bagian kasir memberikan bukti pembayaran beserta lembaran peminjaman kepada customer yang kemudian dapat mengambil dvd yang dipinjam di bagian peminjaman.

Untuk pengembalian dvd, dapat dilakukan pada bagian pengembalian. Apabila ada anggota yang terlambat mengembalikan maka akan dikenai denda. Bagian pengembalian akan mencetak lembaran denda keterlambatan dan kemudian anggota akan membayar dendanya pada bagian kasir. Bagian pengembalian ini selain menerima dvd yang dikembalikan, juga melakukan konfirmasi kepada para peminjam, 2 hari sebelum jatuh tempo guna menghindari keterlambatan pengembalian dan denda.

Buat rancangan Entity-Relationship diagram (ERD) dan juga mappingnya ke relational database (Relational Model). Tuliskan asumsi yang bisa dipertanggungjawabkan secara logika yang diperlukan untuk merancang ERD tersebut.


Leave a Reply