Pelatihan E-Learning System di Pesantren Darussalam Garut


Periode/waktu Kegiatan : September – November 2015

Tempat : Pesantren Darussalam Garut, Kp. Cipelah RT 01/02 Desa Tambak Baya, Kec. Cisurupan, Kab. Garut

jumlah peserta : 30 orang santri dan guru

Sesuai dengan panduan Abdimas Dana Internal Universitas Telkom 2015, kegiatan Abdimas di PonPes Darussalam dilaksanakan dalam bentuk gabungan dari beberapa bentuk kegiatan berikut:

  1. Hibah teknologi tepat guna bagi masyarakat berupa peralatan/teknologi informasi yang diperlukan untuk menerapkan aplikasi e-learning,
  2. Penyusunan sistem informasi dan teknologi lain yang dibutuhkan masyarakat berupa aplikasi e-learning itu sendiri yang dikembangkan dari aplikasi open source seperti MOODLE,
  3. Pelatihan keilmuan yang memberikan nilai tambah bagi masyarakat, dalam hal ini modul pelatihan dibagi menjadi 3 bab yaitu:
    1. Bab Penggunaan e-Learning, berisi materi bagaimana menampilkan menampilkan materi pendidikan pesantren yang sudah dicari sebelumnya dan sudah dimasukkan ke dalam aplikasi e-learning. Peserta akan dilatih bagaimana menggunakan perangkat penampil multimedia sepertikomputer/ laptop dan speaker.
    2. Bab Pembuatan Materi e-learning, berisi materi bagaimana membuat materi e-learning seperti rekaman video ceramah dan pembuatan slide presentasi. Peserta akan dilatih bagaimana menggunakan perangkat pembuat materi e-learning berupa kamera dan tripodnya untuk membuat video ceramah serta bagaimana membuat slide presentasi menggunakan aplikasi Microsoft Power Point untuk membuat slide presentasi, serta cara menyimpan file multimedia ke dalam hardisk.
    3. Bab Pencarian Materi e-learning, berisi materi bagaimana mencari materi e-learning di internet dengan menggunakan perangkat pencari materi e-learning berupa modem dan komputer/laptop. Peserta akan dilatih menggunakan aplikasi pencarian gratis seperti google.com untuk mencari materi yang sesuai dengan kebutuhan pesantren.

Berdasarkan feedback dari Ketua Pondok Pesantren Darussalam didapatkan kesimpulan sebagai berikut:

  1. Program pengabdian masyarakat ini sesuai dengan kebutuhan dari pondok pesantren terutama pemberian fasilitas teknologi informasi karena dirasakan masih sangat kurang disana.
  2. Diharapkan program sejenis dapat dilaksanakan secara berkelanjutan agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal

Leave a Reply